Beranda > MOTIVASI > Tips Menghadapi Rasa Takut

Tips Menghadapi Rasa Takut


Berikut ini adalah beberapa tips buat kamu untuk menghadapi rasa takut. Baca dan resapin ya, moga-moga kamu dapat manfaatnya.

  • first, Sadari dulu bahwa punya rasa takut itu normal. Bukan aib. Sebagai manusia, Allah swt emang mengilhami perasaan ini pada manusia. So, there is nothing wrong to have a feeling called “takut”. Tapi, status netral ini bisa berubah kapan saja tergantung sikap yang kamu ambil terkait dengan rasa takut tersebut.
  • Second, Analisa, sejauh mana rasa takut telah mengontrol kamu. Kalau kamu mendapati diri kamu melakukan tumpukan kesalahan” atau “meninggalkan sekian kebaikan” lantaran banyak keputusan hidup yang diambil berdasarkan faktor ketakutan tadi, maka sudah tiba saatnya kamu berkata: lawan!
  • third, Harap ingat: kata “lawan” bukan berarti kamu harus mematikan rasa takut, sebab hal itu sama sekali tidak perlu. kenapa? Sebab, bila takut kamu bunuh, bukan bararti di masa depan perasaan itu tidak akan muncul lagi. tidak akan bermutasi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengatasinya, mengubahnya jadi kekuatan. Jadi, motivasi untuk jadi lebih baik.
  • fourth, Hadapi rasa takut kamu kendati itu terasa membunuh kita pelan-pelan. Miasalnya, takut sama ketinggian. kamu tidak akan sembuh dari phobi satu itu bila kamu tidak pernah memaksa diri untuk naik ke tempat yang tinggi. Robert Frost berkata, “lalui, maka kamu akan lewati.” Lakukan, dan renungkan: pantas tidak hidup kamu yang berharga dikontrol olehperasaan takut tersebut?
  • Fifth, pahamilah kalau hal terbaik yang dapat terjadi kalau kita melawan rasa takut adalah menemukan arti keberanian itu sendiri. Bahkan yang namanya berani itu tidak selalu berarti NOL persen rasa takut. Ia juga bisa diartikan: seni mengakali rasa takut. Seni melawan rasa gentar. Waktu di mana kita merasa sangat “hidup” karena setiap detik yang kita pakai untuk menghadapi rasa takut adalah jengkal-jengkalyang begitu “berwarna”.
  • Sixth, Ingat-ingat kata mutiaranya Albert Camus, deh! Doi pernah berkata,”tantangan apapun yang tidak bisa membuat saya mati, berarti akan membuat saya kuat.” kita memang harus punya tekat untuk menghadapi rasa takut. Percaya deh: ketika “perjuangan” usai, kamu akan jauh lebih bangga sama diri kamu sendiri.
  • Last, Lebih dekat sama Allah. Nasihat klise memang, tapi kamu tidak akan memperoleh hasil yang maksimal sampai kamu benar-benar mencobanya. Padahal kenyataannya, ketika kita sudah dekat sama Dzat yang lebih pantas ditakutin, apalagi sih yang pantas kita takutin? Think the most–and you’ll ignore the less. kalau sudah berfikir yang “paling”, memangnya kamu akan ambil pusing dengan yang “tidak paling”? Yuk, sama-sama kita ubah kalimat, “Ya, Allah… aku punya ketakutan yang besar” menjadi kalimat, “hei ketakutan… lihatlah! Aku punya Allah Yang Maha Besar!’ Semangat ya!

(Disadur dari buku “Ada Singa Dalam Dirimu” karya Asa Mulchias)

Kategori:MOTIVASI
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: