Beranda > MOTIVASI > KIAT MENDAHSYATKAN KINERJA OTAK

KIAT MENDAHSYATKAN KINERJA OTAK


A. Mengoptimalkan Otak Kanan

Adabeberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengoptimalkan atau otak kreatif. Beberapa tips berikut ini dapat dilakukan;

  1. Berhenti sejenak dari rutinitas.

Seringkali dengan rutinitas yang menjemukan, membuat otak keratif kita sedikit demi sedikit menjadi tumpul, sehingga saat ada permasalahan yang dirasa berat, cendrung dipecahkan dengan emosi, bukan dengan kepala dingin. Salah satu caranya adalah dengan berhenti sejenak. Berhenti sejenak bukan berarti kita keluar dengan menelantarkan tugas-tugas kita. Segeralah menyelesaikan tugas, usahakan tugas yang masih banyak waktu diselesaikan juga. Sehingga kita sudah tenang untuk melepas sementara rutinitas yang seakan tiada akhir. Mulailah untuk mencari waktu, tempat dan suasana yang membuat hati dan pikiran rileks dan damai. Boleh jadi tempat itu adalah sebuah taman yang indah, gunung, atau pantai di mana kita pernah mempunyai kenangan indah disana.

Bawalah buku catatan dan alat tulis yang akan mengabadikan moment kebahagiaan itu. Setelah sampai, mulailah menikmati keindahan pemandangan yang telah Allah karuniakan untuk disyukuri. Carilah hikmah-hikmah yang terdapat di sekitar tempat yang indah itu. Lalu, mulai renungi setiap permasalahan yang dirasa berat. Mulailah mencari solusi kreatif dan terbaik dengan pikiran yang fresh dan hati yang bahagia, rasakan perbedaannya.

  1. Bangun pagi, mandi dan berolahraga

Mulailah membiasakan bangun lebih awal. Mandi pagi menyehatkan tubuh dan membangkitkan kinerja syaraf otak.sebelum syalat subuh,  sisihkan waktu 30 menit untuk menuliskan ide-ide kratif, membuat sebuah tulisan, atau menghafal Qur’an dan pelajaran. Beberapa orang merasakan bahwa pada waktu menjelang subuh dan setelah subuh ini, kinerja otak berada pada titik optimumnya. Usahakan untuk berolah raga sederhana, seperti lari pagi sambil menghirup udara segar pagi hari. Dengan lari pagi saja, boleh jadi kita membupnyai inspirasi usaha, atau ide untuk membuat sebuah tulisan yang bermanfaat.

  1. Miliki Diary ide

Setiap detik, banyak sekali lintasan pikiran yang hadir di benak kita. Beberapa dari lintasan pikiran itu biasanya dicitrakan menjadi sebuah ide, dan boleh jadi ide-ide itulah yang sebenarnya mengantarkan kita kepada kesuksesan yang lebih cepat.

to be continiu…

di kutip dari Jangan kuliah! kalau nggak sukses (Setia Furqan Kholid)

Kategori:MOTIVASI
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: