Beranda > CATATAN HARIAN > TIPE KENALAN SAYA

TIPE KENALAN SAYA


Dalam mengarungi kehidupan sehari-hari, saya mengklarifikasikan criteria orang-orang yang ada di sekeliling saya menjadi sub-sub yang saya kenali atau tidak saya kenali. Saya mempunyai alasan dan tujuan yang jelas dan cukup kuat untuk melakukan semuanya ini. Pertama, saya mempunyai kehidupan pribadi dan kehidupan social yang berbeda satu sama lainnya. Kedua, saya tidak ingin mencampur-adukkan urusan atau masalah pribadi saya dengan masalah sosial yang saya hadapi. Ketiga, saya tidak mau di sakiti atau di perlakukan tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan di dua lokasi sekaligus. Keempat, jika Kim Joo Won mengatakan kepribadiannya seperti pisau, maka saya mengatakan kepribadian saya seperti silet. Dan tentu saja, saya masih mempunyai alasan-alasan yang lainnya. Dan untuk saat ini, baru ini yang bisa saya bagikan kepada umum alasan-alasan saya tersebut. Harap untuk bias dimaklumi. Jika anda tidak bias memaklumi ini, betapa menyedihkannya diri anda dan pemikiran anda. (hahahahahaha… yang terakhir ini Cuma becanda.. J)

Secara garis besar, saya mengelompokkan orang-orang di sekeliling saya menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Orang yang hanya saya kenal di rumah (Karena sekarang saya tinggal di KOS, maka di sini kata “rumah” menginterpretasikan “KOS” yang saya tinggali) tetapi tidak saya kenali di luar (di luar di sini ya selain rumah atau KOS yang saya tempati tentunya), itu bisa di KAMPUS, TEMPAT UMUM, Pasar, dan lain sebagainya. Hal ini bisa di sebabkan karena orang tersebut memperlakukan saya seperti ia memperlakukan saya di rumah (KOS), tentu dengan cacatan perlakuan itu tidak layak atau tidak pantas untuk diperlakukan atau dilihatkan di depan khalayak UMUM. Seperti merendahkan harga diri saya, melecehkan kepribadian saya, atau apalah yang itu tidak bisa saya terima. Dan ini berarti telah mencampur-adukkan kehidupan pribadi dengan kehidupan sosial saya. Jika menemukan orang yang seperti ini, respons saya sudah sangat jelas. Saya akan menganggap bertemu dengan orang asing yang belum pernah saya temukan sebelumnya. Dan saya akan berlagak cuek serta acuh tak acuh terhadap apa pun yang dilakukan dan di perbuatnya di hadapan saya di saat itu. Meski pun itu ia tujukan pada saya. Jika dia berbicara pada saya, itu malah lebih buruk lagi. Saya tidak akan mendengarnya. Seolah dia berbicara hanya kepada tembok. Saya sangat, sangat membenci orang yang memenyai karakter seperti ini. Anehnya, keberadaannya seperti jamur di dunia ini. Sangat menyebalkan.
  2. Orang yang saya kenal di KAMPUS tetapi tidak saya kenal di rumah. Nah, ini sudah jelas sekali rasanya, tidak perlu ada penjelasan yang panjang lebar. Karena saya tidak suka atau jarang sekali membawa te,man-teman se-kampus dengan saya ke rumah/KOS-an saya, otomatis ini bias dihindari, dengan kata lain kemungkinannya terjadi sangat tipis sekali.
  3. Orang yang saya kenal di rumah (KOS) dan juga saya kenal di luar (KAMPUS). Ini adalah tipe orang yang paling saya senangi. Kenapa? Karena ia bisa menghargai orang lain dan tahu bagaimana harus berprilaku atau bersikap terhadap saya sesuai dengan kondisi saat itu. Tentu kepribadian orang yang masuk dalam kategori yang ini sangat luar biasa. Tentunya orang yang berkarakter seperti ini tidak mau untuk melakukan sesuatu yang akan merugikan orang lain, seperti membuat orang merasa malu di depan public/umum, merasa hina, merasa tidak lebih baik dari orang lain. Dan sayangnya, tipe yang seperti ini langka, 1:10.000 di dunia yang saya tempati di saat ini.

Untuk saat ini, hanya bru itu yang bias saya klasifikasikan. Ke depannya, tentu akan lebih spesifik lagi pengklasifikasiannya. Silahkan anda pilih dan renungkan, kategori yang seperti apa anda ini? Anda ebas untuk memilih dan menentukan pilihan anda. Karena hidup anda, ada di tangan anda.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

