Beranda > EDUCATION, februl defila, HEALTH > Tes Otak Kanan Dan Otak Kiri

Tes Otak Kanan Dan Otak Kiri


Otak Kiri-Otak Kanan
Perbedaan kerja telah diteliti dalam waktu cukup lama. Akhir 1950-an para ahli menggunakan sejenis tes, yang disebut Tes Wada (dari nama penemunya Juhn Wada), untuk mencari tahu perbedaan kerja . Pada pembuluh darah leher (disebut Arteri Carotis) disuntikkan sejenis zat bernama amobarbital (Amytal). Jika Anda bermaksud menonaktifkan otak kiri untuk mencari tahu kerja otak kanan, maka suntikan diberikan pada leher sebelah kiri. Demikian pula sebaliknya. Juhn Wada yang pertama kali melakukannya menyuntikan zat ini di leher kiri sambil memberikan sebuah sendok di tangan pasiennya. Akibatnya, otak kiri menjadi nonaktif. Kepada pasiennya diberikan sejumlah alat dapur, salah satunya adalah sendok. Dengan otak kiri non-aktif, pasien ternyata bisa memilih sendok di antara alat dapur, tetapi tidak dapat menyebut nama benda itu. Tes ini menghasilkan fakta bahwa dengan otak kiri non-aktif, seseorang tidak memiliki kemampuan bahasa, terutama lisan, sekalipun ia masih mengerti konteks pembicaraan. Anda pasti tahu bahwa suntikan amytal di arteri carotis akan mematikan bagian otak tengah dan otak depan yang disuplai oleh arteri ini.

Tes yang lebih sederhana dilakukan oleh Doren Kimura (1973) yang disebutnya . Kedua telinga dipasangi sejenis earphone yang di setiap telinga diperdengarkan kata-kata yang berbeda atau sebuah lagu. Peneliti ini menemukan bahwa kata-kata yang diperdengarkan di telinga kanan jauh lebih banyak yang diingat dibandingkan dengan yang diper dengarkan di sebelah kid. Lagu yang dimainkan di telinga kanan kata-katanya lebih banyak diingat dibandingkan dengan lagu di telinga kiri. Ini artinya, telinga kanan kita (yang prosesnya diatur oleh otak kiri) lebih utama dalam pengaturan bahasa.Otak kiri (di mana informasi sarafi dari telinga kanan berakhir) berperan penting dalam dan tindakan berbahasa. Asumsi lain yang mendukung kiri untuk bahasa adalah asumsi posisi janin. Beberapa ahli berpendapat bahwa ketika masih dalam kandungan, posisi kepala bayi lebih banyak menghadap ke kanan. Akibatnya, telinga kanan lebih dekat ke arah dinding perut ibu yang memungkinkan telinga itu mengakses lebih banyak suara ketimbang telinga kiri yang berada di bagian belakang.

Penelitian-penelitian di atas mencapai puncaknya pada riset Roger Sperry pada akhir 1960-an. Melalui pembedahan pada penderita epilepsi, riset pada binatang dan manusia hidup, ia menemukan bahwa otak kiri dan otak kanan bekerja dengan cara yang berbeda. Ned Herrmann, yang instrumennya saya kutip di atas, menggunakan konsep otak kiri-otak kanan, yang dilengkapi dengan ribuan penelitian yang diperbarui setiap tahun, kemudian membagi otak menjadi empat kuadran. Akhir-akhir ini, kerja otak diteliti secara lebih canggih dengan menggunakan alat-alat yang canggih pula. Kita mendapat banyak sekali ilmu berkat kemajuan instrumentasi ini.

Sumber Artikel
Brain Management for Self Improvement

Dikutip dari situs www.dronce.com

  1. 15 Agustus 2013 pukul 12:55 pm

    This makes it very unfriendly to vegetarians;
    luckily there are much better cooks than me out there
    and I was torn between the Buttermilk Fried Chicken & Waffle and the Waffle Burger.

    Not only did he accomplish his goal, but this week’s installment of Food Network Star felt a lot more time than money food cart business ideas to get this baby open, and give the people what they want!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: